Essay perkenalan diri dan alasan memilih prodi manajemen

NAMA : APRILIA KARTIKA DEWI

ASAL: SURABAYA

FAKULTAS: FAKULTAS EKONOMI BISNIS DAN TEKNOLOGI DIGITAL (FEBTD)

KELOMPOK: 4 SIRIUS



 Gdrivedoc.



Perkenalkan nama saya Aprilia Kartika Dewi. Yang biasa dipanggil dengan sebutan nama Aprilia. Lahir pada hari Sabtu tanggal 24 April 2004. Berasal dari kota yang dikenal dengan sebutan “kota pahlawan”, yaitu kota Surabaya. Hobi saya yakni menulis. Semangat dan pantang menyerah adalah prinsip hidup saya. Asal sekolah menengah kejuruan saya di SMK NEGERI 12 Surabaya. Saat SMK jurusan yang saya ambil adalah seni tari. Waktu kecil saya tidak pernah tau apapun tentang dunia seni tari, yang membuat saya belajar dari awal lagi. Disana kita dapat belajar tentang berbagai macam tari tradisional yang berasal dari daerah lain, menggarap tarian, dll. Dan setelah lulus saya memutuskan untuk lintas jalur. Ada banyak pro dan kontra ketika saya memilih untuk lintas jalur. Dan saya menjelaskan kepada mereka bahwa saya merasa kurang cocok di jurusan waktu smk. Dan kesuksesan itu tidak tergantung dari jurusan apa yang kita pilih waktu sekolah. Sekarang, saya menjadi mahasiswa baru di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya yang berada di jalan Jemursari-Surabaya, tepatnya di sebelah Rumah sakit Islam Surabaya. Saya memilih untuk jurusan yang berbeda karena saya berpikir bahwa kenapa saya harus mempelajari 1 ilmu saja, sedangkan didunia banyak sekali ilmu yang harus kita pelajari.

Sebelum saya mendaftar di kampus Universitas itu Ulama, saya mencoba mengikuti event yang mreka yaitu “nyoba kuliah” yang diselenggarakan pada hari selasa, tanggal 6, bulan Juni, tahun 2023. Disitu saya memilih jurusan yang ingin saya ikuti yakni jurusan manajemen. Kita bisa merasakan bagaimana rasanya kuliah di jurusan yang kita inginkan, dan kita diajak berkeliling untuk melihat beberapa ruangan yang dipakai oleh mahasiswa disana. Saat saya memasuki ruang kelasnya, saya mengikuti materi yang disampaikan dosen pada waktu itu yaitu materi manajemen keuangan. Dosen tersebut menjelaskan bahwa kita harus merancang perencanaan keuangan yang ditunjukkan dengan gambar segitiga. Yang paling bawah kita adalah cash flow, diatas nya manajemen resiko, diatasnya lgi investasi, dilanjut diatasnya yaitu dana hari tua, dan paling atas adalah distribusi keuangan. Kemudian setelah event tersebut selesai saya mendiskusikan dengan orang tua saya. Pada awalnya orang tua saya berkata bahwa ekonomi mereka kurang memadai, lalu saya berkata kepada mereka saya akan mendaftar di jalur beasiswa KIP kuliah. Setelah mendiskusikan tentang hal tersebut dengan orang tua saya, akhirnya saya memutuskan untuk memilih jurusan manajemen di UNUSA, karena alasan pertama yaitu saya ingin menjadi seorang manajer , bos muda yang sukses berakhlakul karimah. Untuk itu, saya memerlukan manajemen agar bisa mempelajari ilmu² dan mengembangkan kemampuan kewirausahaan yang saya dapatkan waktu SMK. Orang tua saya pun mendukung keputusan tersebut. Dan Alhamdulillah saya keterima di jalur KIP kuliah di Universitas Nahdlatul Ulama tersebut. Dengan mendapat kabar saya keterima di jalur tersebut, orang tua saya sangat senang bukan main. Walaupun ayah saya bekerja sebagai tukang sampah, saya tetap semangat dan pantang menyerah untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Untuk itu saya harus belajar dengan giat dan tekun, biar semua orang tau bahwa anak tukang sampah pun bisa menjadi sarjana dan sukses dalam berkarir dimasa depan. Prinsip yang selalu saya tanamkan di dalam diri saya membuat semangat saya berkorbar untuk tidak pantang menyerah dan terus maju.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Materi 1, Unusa dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka

Resume 6 mahasiswa unusa berintelektual dengan anti kekerasan seksual, anti perundungan menjadi remaja asyik tanpa usik

Resume "Peran Mahasiswa Dalam Kepedulian Lingkungan Untuk Kesehatan dan Perwujudan Indonesia Emas"