Resume Materi 1, Unusa dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka

NAMA : APRILIA KARTIKA DEWI 

ASAL : SURABAYA 

FAKULTAS: FAKULTAS EKONOMI BISNIS DAN TEKNOLOGI DIGITAL 

PRODI : MANAJEMEN 

KELOMPOK: 34


Pemateri : Prof,H.kacung

 Resume : 

Unusa dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka


Orang yang berhasil adalah orang yang mampu mengembangkan potensi diri yang menjadi lebih baik. Kampus belajar mungkin kita itu belajar di prodi yang diminati dan mencoba untuk melihat prodi yang lain juga. belajar juga bisa di luar kampus Indonesia, karena selain belajar disana mahasiswa juga bisa belajar di Universitas lain(didalam/diluar negeri) pada pertukaran pelajar. Ada kakak kelas yang sedang bersiap untuk belajar keluar Jawa, tujuannya tidak lain adalah saling mengenal dan silaturahmi. Dengan demikian bisa memperkaya pengetahuan dan pengalaman masing-masing. kita memang mencoba untuk memberikan pengetahuan keterampilan dan skill sosial kepada masyarakat semua. jadi ada beberapa mata kuliah dasar yang memang wajib kita untuk semuanya ikuti dalam rangka membentuk karakter. Diantaranya pendidikan agama, PKN, Aswaja ahlussunah wal jamaah karena ini Universitas Nahdlatul Ulama.

Bagaimana agama lain? nggak papa boleh saya bukan NU? boleh,  karena memang tujuannya adalah untuk membentuk rahmatan lil alamin. 

semua harus punya kemampuan membangun narasi, berargumentasi serta berpikir kritis. bukan berarti kemudian  mengandalkan logika biasa tetapi kita mengandalkan logika didasari oleh jiwa ahlussunnah Wal jamaah. Kenapa kita perlu berpikir kritis? karena kita harus memahami fenomena alam,fenomena sosial dan fenomena alam yang lain. Itu akan menjadi pelajaran pada di generasi yang akan datang. Di Unusa ada aktivitas bem , ormawa, dll.  

Alhamdulillah minggu ini kakak kelas kita sudah nyampe di Hungaria. Walaupun Hungaria terletak di Eropa Timur, tapi cukup bagus jadi jangan salah. di sana terbelakang karena bapak Prof, H. Kacung sudah pernah ke sana. Sekarang yang kita perlukan adalah memperbaiki bahasa skill bahasa  Inggris. Pertukaran pelajar bisa diikuti saat semester 5. Nanti insya Allah Bu Nurul mengepalai bahasa Inggris, jadi jika nanti insya Allah kita bisa di training bahasa Inggris supaya lebih bagus.

 Untuk program pertukaran pelajar ini dibagi dua ada yang vokasi dan akademik. Yang penting kita harus berikhtiar dan berusaha, kalaupun gagal tidak menjadi masalah yang penting sudah berusaha dan ilmu yang dikuasai insya bisa bermanfaat untuk orang lain dan diri kita sendiri. untuk sekarang ini pendidikan memang tidak hanya sekedar bagaimana duduk manis di kampus disaat melamar pekerjaan akan ditana kemampuan apa yang kita miliki. Critical thinking, makanya ada mata kuliah logika dan berpikir kritis di Universitas lain belum tentu ada. jadi kita menyiapkan itu sejak pendidikan abad ke-21. ini perlu satu kemampuan berpikir kritis.

Mungkin kita berpikir bagaimana dengan skripsi di unusa wajib atau tidak. Di Unusa sejak lama namanya bukan lagi skripsi tapi tugas akhira. Disitu ada pilihan yang namanya skripsi bagi yang ingin nanti punya karir di bidang akademik termasuk riset bisa mengikuti jalur skripsi. 

mulai semester ini dimungkinkan adanya kolaborasi dalam membuat skripsi dan dikerjakan bersama-sama. misalnya anak fakultas Kesehatan bekerja dengan mahasiswa keselamatan kerja, dan manajemen bisa kolaborasi  memecahkan masalah secara bersama. 

 Kreatif dan talent yang dibutuhkan ke depan adalah talent. Seperti talent prodi manajemen di bidang kewirausahaan.  ketika masuk lamaran pekerjaan tidak ditanya ijazah apa tapi ditanya kamu Kamu punya keahlian apa.  

merdeka belajar inilah yang mengenal program studi mayor dan program studi minor artinya kita bisa memiliki kemampuan minor di Prodi yang lain. Misalnya, kita mayornya manajemen boleh mengambil minornya sistem informasi.

 Manfaatkan besar-besarnya waktu anda di universitas untuk belajar di unusa dengan sebaik-baiknya agar kemudian masuk profesi manapun Anda adalah orang-orang yang bermanfaat pada orang lain. Belajar kebersamaan kita juga macam masa untuk kolaborasi siswa mahasiswa mengajak dosen kolaborasi agar hasilnya lebih baik.


Lihat blog teman saya juga: alya


Website: unusa

 IG: unusaofficial 

FB: unusaofficialfb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume 6 mahasiswa unusa berintelektual dengan anti kekerasan seksual, anti perundungan menjadi remaja asyik tanpa usik

Resume "Peran Mahasiswa Dalam Kepedulian Lingkungan Untuk Kesehatan dan Perwujudan Indonesia Emas"