RESUME Materi 2, MAHASISWA BEBAS NARKOBA UNTUK MENDUKUNG GENERASI RAHMATAN LIL ALAMIN UNUSA

 NAMA : APRILIA KARTIKA DEWI 

ASAL : SURABAYA 

FAKULTAS: FAKULTAS EKONOMI BISNIS DAN TEKNOLOGI DIGITAL 

PRODI : MANAJEMEN 

KELOMPOK: 34



PEMATERI : BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI JAWA TIMUR (Ibu Sri artanti maryani, S.SOS)

RESUME: 

Mahasiswa bebas narkoba untuk mendukung Generasi Rahmatan lil alamin



Banyak sekali kasus-kasus narkoba poinnya atau pemeran utamanya adalah di tingkat mahasiswa. seperti itu stres mikir stres kuliah. Kenapa Indonesia darurat narkoba? Sudah 8 tahun Indonesia darurat narkoba dan kondisinya masih tidak berubah. presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia sekarang dalam kondisi darurat narkoba dan saya titipkan permasalahan narkoba kepada kalian semua, disampaikan di Jakarta. Karena banyak sekali faktor Indonesia darurat narkoba? pertama geografis yang terbuka menyebabkan narkoba mudah masuk dan menyebar di seluruh wilayah Indonesia. Kedua peredaran gelap narkoba bukan hanya sekedar orang dewasa dan remaja melainkan juga anak-anak. Ketika demografis yang sangat besar 260 jiwa menjadi pasar internasional peredaran gelap narkoba ke-4 kerugian yang timbul akibat penyalahgunaan narkoba mencapai 84,7 triliun biaya sosial dan biaya private. Paling utama adalah sistem penegakan hukum yang belum mampu memberikan efek jera. Modus operandi dan variasi jenis narkoba yang terus berkembang. narkoba sebagai mesin pembunuh massal ( silent killer) yang merusak manusia terutama fungsi kerja,otak, fisik dan emosi. Kenapa bisa ikut kecanduan karena otak yang sudah diserang jadi mereka mengidap sakit di otaknya otak kronis kambuhan sehingga ospek di dalam tubuh terganggu. lapas serta transformasi menjadi pusat kendali peredaran gelap narkoba. Sampai dengan sekarang tahun 2015 sampai sekarang Indonesia darurat narkoba.

Survei valensi di tahun 2021 untuk hasil 2022 belum keluar 2003. 2019 meningkat dari 1,8 meningkat jadi 1,95 di tahun 2021. 

Pola penyalahgunaan narkoba pertama yang dikonsumsi adalah gala kenapa ganja karena mayoritas berawal dari rokok. Remaja identik dengan dekat sekali dengan pemakaian ganja ini dibakar dan desa sehingga narkoba yang pertama kali digunakan. 

Narkotika dibagi menjadi tiga golongan 1 golongan 2 golongan 3

Golongan 1 hanya digunakan untuk ilmu pengetahuan saja tidak boleh digunakan untuk apapun hanya untuk tujuan pengembangan iptek. Golongan 2 digunakan sebagai pilihan terakhir dalam pengobatan terapi atau untuk tujuan pengembangan iptek serta berpotensi tinggi menyebabkan ketergantungan. Golongan 3 memiliki daya ketergantungan ringan tetap bermanfaat dan berkhasiat untuk pengobatan penelitian. Pengguna adalah yang sudah disesuaikan dengan anjuran dokter dan untuk memang bener-bener pengobatan orang sakit. dan penyalahgunaan adalah seseorang yang tidak mempunyai hak untuk memakai narkotika. Efek narkotika nya adalah depresan, stimulan,dan halusinogen. 

Tahap penggunaan narkotika. Pertama ditawari atau dipaksa. Kita harus mampu menolak ketika ditawari atau dipaksa. Narkoba pada remaja disebabkan beberapa faktor- yaitu faktor lingkungan, faktor genetik, dan faktor rasa ingin tahu. Kenapa banyak remaja terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba karena tidak kemampuan menghadapi stress. Kita sebagai mahasiswa harus mengelola atau mampu mengimbangi stress. Apa itu ketahanan diri? kemampuan individu untuk mengendalikan diri menghindari dan menolak segala bentuk penyalahgunaan narkoba dengan menggunakan dimensi berikut : 

1. assertiveness  : kalau ditawari atau dipaksa kita harus mampu bilang tidak

2. self regulation : kita harus tahu kewajiban kita apa haknya apa. Jika ada sesuatu emosi yang dirasakan kita harus menyalurkan emosi tersebut ke dalam hal yang positif.

3. reaching out: kemampuan untuk bisa berhubungan dengan orang lain menjalin keterbangan dengan orang lain misalnya aktif dalam organisasi di kampus entah itu di kampus entah di mana saja kemudian mungkin aktif ikut UKM yang ada di UNUSA.


Lihat blog teman saya juga: alya

Website : unusa.ac.id 

IG : unusa official 

FB : unusafb


http://unusa.ac.id/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Materi 1, Unusa dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka

Resume 6 mahasiswa unusa berintelektual dengan anti kekerasan seksual, anti perundungan menjadi remaja asyik tanpa usik

Resume "Peran Mahasiswa Dalam Kepedulian Lingkungan Untuk Kesehatan dan Perwujudan Indonesia Emas"