Resume Materi 5, Strategi menumbuhkan critical thinking ability untuk menemukan solusi terbaik

 NAMA : APRILIA KARTIKA DEWI 

ASAL : SURABAYA 

FAKULTAS: FAKULTAS EKONOMI BISNIS DAN TEKNOLOGI DIGITAL 

PRODI : MANAJEMEN 

KELOMPOK: 34



PEMATERI : Arief Abdurrahman,ST.,MT-ITS

RESUME: 

Strategi Menumbuhkan Critical Thinking Ability Untuk Menemukan Solusi Terbaik


Disampaikan bahwa demografi disampaikan oleh banyak tokoh atau pejabat kenapa kok disampaikan berkali-kali karena kita menuju Indonesia emas tahun 2045.Kita harus mensyukuri dengan meningkatkan kapabilitas kita. Di Jepang sekolah SD banyak yang ditutup. Di sana mencari mencari Master kuliah sangat sulit.

Kita bisa menyalip negara maju jika kita meningkatkan kemampuan kita. Gus Dur bung Karno mikir bangsa ini merdeka bagaimana bangsa ini maju dengan peradabannya.

Instrumen meningkatkan kompetensi, dan pendidikan kita tidak serta merta, kompetensi pendidikan sertifikat itu adalah instrumen untuk kita bisa memasak dan  berkontribusi. 

Apa yang perlu kita perbuat adalah insan individual sepatutnya menjadi aktor utama dalam memberikan solusi nyata di tengah masyarakat baik di nasional maupun global.

Ruang lingkup Keprihatinan bangsa ini ada masalah korupsi, narkoba terorisme bencana alam bahasa daerah konservasi satwa liar dan lain-lain. Itu adalah isu-isu nasional yang ada dan sekarang juga marak juga masalah judi online dan lain-lain. Termasuk ada tiga kekerasan di Indonesia pendidikan yaitu bullying kekerasan seksual intoleransi.

Kita perlu critical thinking skill. Critical thinking skill adalah skill  yang harus kita punya untuk sepanjang ayat kita karena setiap waktu kita fase kehidupan masing-masing. Tiga komponen kreativitas expertise, motivation, creative thingking skills. Kita harus mencapai tiga komponen tersebut agar kita bisa mempunyai critical thinking skill. 


•Tahapan dalam berpikir kritis: 

1. Identifikasi serta kembangkan kemampuan dan potensi diri(nilai, adama, adat, pendidikan formal, dan lain-lain).

2. Identifikasi validasi dan evaluasi segala informasi yang diperoleh (5W+1H)-seleksi fakta dan opini.

3. Bandingkan antara fakta dengan nilai-nilai kebenaran atau ideal yang ada.

4. Analisis melalui klasifikasi dan pemetaan masalah. 

5. Berikan ide dan solusi original terhadap permasalahan yang dianalisis. 

Contoh masalah pertama critical thinking kota Jakarta yang memiliki udara bersih dan saluran air yang memadai. Contoh masalah dua penggunaan energi terbarukan untuk mengatasi global warming dan pengendalian lingkungan. 

Sosuli alternatif masalah kedua adalah Okta animasi pembangkit listrik dan transportasi menggunakan energi terbarukan peningkatan awareness masyarakat terhadap penggunaan energi terbarukan integrasi holder dalam optimalisasi energi terbarukan


Critical thinking tidak langsung instan, Kita harus melakukan proses-proses. Pertama kita harus mempunyai niat kita harus niat jadi orang yang problem solving orang yang mampu memecahkan masalah. Kedua meningkatkan kompetensi dan pendidikan kita. Ketiga kita harus berikhtiar dan berdoa. Keempat Kita harus mempunyai komunitas yang baik,tempatkan anda jadi komunitas yang baik. 


Lihat juga blog teman saya: alya


Website: unusa.ac.id

Instagram: unusaofficial

Facebook: unusaofficialfb 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Materi 1, Unusa dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka

Resume 6 mahasiswa unusa berintelektual dengan anti kekerasan seksual, anti perundungan menjadi remaja asyik tanpa usik

Resume "Peran Mahasiswa Dalam Kepedulian Lingkungan Untuk Kesehatan dan Perwujudan Indonesia Emas"