Resume materi 4, Tantangan dan peluang mahasiswa dalam revolusi industri 4.0 dan socienty 5.0

 NAMA : APRILIA KARTIKA DEWI 

ASAL : SURABAYA 

FAKULTAS: FAKULTAS EKONOMI BISNIS DAN TEKNOLOGI DIGITAL 

PRODI : MANAJEMEN 

KELOMPOK: 34



PEMATERI : Dr. Ginanjar Rahmawan, SE, MM

RESUME:  

Tantangan dan peluang mahasiswa dalam revolusi industri 4.0 dan society 5.0


Artificial intelligence dan etika mahasiswa

Kebetulan saya dosen skripsi, tidak hanya skripsi tapi juga konsultasi bimbingan, dan sebagainya. Teman-teman nantinya akan banyak menemui alat atau aplikasi atau website yang sangat teman-teman suka karena sekarang dalam mengerjakan PR/ tugas resume, tugas kelompok, presentasi sekarang semuanya ada di AI. Misalkan sekarang ada yang namanya humata, perplexity, consensus. Itu bisa kita digunakan meresume bahan referensi yang seluruhnya ada di internet. 

1. Humata.ai bisa membuat kita 100x lebih cepat untuk menganalisa, untuk membaca, untuk membuat intisari dari file PDF yang kita jadikan rujukan. kita sangat terbantu dengan aplikasi yang bernama humata ini karena kita tinggal memasukkan PDF kemudian nanti mau apapun isi file itu dia bisa menjawab Dia bisa menjawab apapun yang kita inginkan.

2. Perplexity.ai bisa kita bisa mencari referensi. Jika kita mendapatkan tugas resume kita bisa mengetikkan materinya apa kemudian langsung nanti banyak sekali referensi-referensi yang bisa kita pakai. 

3. Consensus.app ini juga kita bisa menggunakan aplikasi untuk membantu kita mencari jurnal artikel yang akan kita pakai untuk membuat tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. 

Jadi, kita nanti akan ini kuliah sangat terbantu dengan perkembangan  AI. Selain untuk resume ada ai untuk menulis. Ada chat GPT, Bing ai. 

Chat GPT Kita bisa menulis sangat membantu untuk mengerjakan skripsi ditulis semuanya. 

•Ketika kita memerlukan karya ilmiah kita harus bard Google bisa untuk membuat hipotesis susunan hipotesis berdasarkan telaah literatur. 

Ada untuk parafrase yaitu quillbot, rewrite it. Contohnya Quillbot ketika kita masukkan satu file penuh PDF atau kita copy paste kalimat kemudian dalam sekejap langsung muncul parafrase kalimat yang benar-benar beda dari kata² orang lain(plagiat). Jadi memungkinkan teman-teman membuat kata-kata kita tidak seperti plagiat. Tetapi ada fakta yang perlu kita tahu mengenai AI.

AI adalah kecerdasan buatan, bukan kecerdasan sesungguhnya. Oleh karena itu kita sebagai penggunanya tidak boleh lebih dikalahkan dengan kecerdasan mereka, justru mereka lah kecerdasan buatan kita adalah kecerdasan sesungguhnya itu adalah tidak bisa dipungkiri dari munculnya AI. Penggunaan AI yang berlebihan berarti kita melakukan kecerdasan kita. Kita harus tahu bahwa human intelligen itu lebih original atau tidak bisa tergantikan, jikalau kita menggunakan chat GPT terkadang bahasanya tidak 100% bahasa kita itu adalah keterbatasan chat GPT.

Fakta AI adalah keterbatasan AI dalam mengakses data internet dan penggunaan bahasa. 

Menggunakan AI secara etis yaitu sebagai berikut: 

1.kita harus menjadikan AI sebagai asisten kita: 

•penggunaan waktu yang efisien

•Biaya lebih hemat

2. Memanfaatkan AI sebagai database artinya Kita sebagai penyaji data atau referensi dan kita sebagai analisis dan esekutor

Kita harus menggunakan AI dengan bijak jangan semua tugas dikerjakan oleh AI. 

Cara agar kita tidak ketergantungan AI 

1. Lebih banyak membaca

2. Lebih banyak menulis


Lihat juga blog teman saya: alya


Website: unusa.ac.id

Instagram: unusaofficial

Facebook: unusaofficialfb


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Materi 1, Unusa dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka

Resume 6 mahasiswa unusa berintelektual dengan anti kekerasan seksual, anti perundungan menjadi remaja asyik tanpa usik

Resume "Peran Mahasiswa Dalam Kepedulian Lingkungan Untuk Kesehatan dan Perwujudan Indonesia Emas"